FOLLOW ME

Selasa, 26 Maret 2013

CERITAKU 2


CERITAKU 2



Aku tengah melangkah menuju rumah. Sepanjang jalan tak henti hentinya aku berpikir tentang Andi. Harus aku akui, tadi adalah acara menggambar paling seru sepanjang hidupku. Aku cukup sering menghayal tubuh maskulin yang ingin kugambar. Tapi tadi itu nyata, cowok yang telanjang bulat di depanku tadi nyata, bukan dari khayalanku. Aku masih teringat jelas lekuk tubuh Andi, dadanya yang bidang, perut yang emm yah walo tidak sixpack tapi cukup datar dan enak di lihat. Dan benda indah yang menggantung diantara 2 pahanya. Menggiurkan. . . hush!! Fokus pada Rafky! Fokus gimana? Dianya sombong gitu.

Aku menggigil, nafsuku memang bergejolak. Tapi hatiku tetap untuk Rafky, halah jadi pacarnya Rafky aja belom! Tak terasa aku sudah berada di depan rumah
 ibu, aku pulang,’’ kataku sambil melangkah masuk.
kok baru pulang nak?’’, Tanya ibuku sedikit kawatir.
“iya bu, tadi ngerjain tugasnya emang agak lama’’, kataku sambil melepas kaosku.
”Nansa mandi dulu ya bu?’’, tambahku seraya berjalan menuju kamar mandi yang berada di luar rumah.
“ya, setelah mandi makan dulu ya? Ibu uda siapin makan malam’’.
“iya bu, Reno belom pulang bu?’’.
         “belom nak, tadi dia ijin mau mampir ke rumah temannya sebentar’’
         “oh’’, kataku seraya menuju kamar mandi. Aku hidup hanya bertiga. Aku, ibuku dan adikku. Ibu mempunyai toko yang dulu sempat dibangun Ayah sebelum mereka berdua bercerai. Ayahku sebenarnya orang kaya, tapi dia menikah lagi. Dan saat ibu menuntut cerai, tanpa berpikir panjang ayah langsung menyetujuinya.
Ayah memang masih mengirim uang untukku dan adikku, tapi uang itu ditabung ibuku untuk kuliah aku dan adikku nantinya. Hidupku memang tidak menderita amat, tapi ya begitulah. Oya, Reno itu nama adikku.
         Aku memulai ritual mandiku. Sebenarnya, aku ingin lebih lama bermain main dengan sabun karena teringat tubuh Andi tadi.Tapi akal sehat mengalahkanku, ini sudah terlaru larut, dingin pula. Setelah mandi, aku langsung makan hanya dengan handuk yang dililitkan dipinggangku. Hehe, kebiasaanku yang satu ini emang uda bikin ibuku menyerah untuk menegurku.
         “uda lama lu Ren?’’, Tanyaku ke Reno yang sedang asyik menyantap makan malam.
         “baru juga nyampe. Kemana aja lu bang? Tumben maen ampe malem.’’, Reno berbicara dengan tanpa menatapku.Terlalu asik dengan makan malamnya.
         “ada tugas tadi, lumayan sulit. Jadi agak lama’’, jawabku sambil mengambil piring dan mengambil nasi. Reno mengangkat wajahnya dan menatapku agak lama. Tatapanya seolah olah berbicara, ‘serius lu?’
         “gua kaga boong’’, kataku yang agak risih dengan tatapannya yang curigaan.  Aku dan Reno hanya selisih 2 tahun, aku 17 dan Reno 15. Dan harus ku akui, Reno mewarisi semua yang baik dari kedua orang tuaku.Tinggi badan ayahku, kulit putih ibuku, hidung mancung ayahku, mata belok ibuku. Kesimpulannya, Reno sangat manis dan lebih bisa di andalkan daripada aku yang adalah kakaknya.
         “bang. . .’’, suara Reno terdengar saat aku tengah menyuapkan suapan pertama ke mulutku.
         “hmm, apa?’’, kataku setelah kunyahan pertama berhasil masuk ke perutku.
         “ntar malem gua tidur di kamar lu ya? Gua mau cerita’’, katanya kemudian. Aku memutar bola mataku. Reno? Mau cerita? Ke aku? Kaga salah? Bukannya aku dan Reno tidak akrab, tapi kami tidak pernah saling curhat. Belom pernah selama 15 tahun umurnya.
         “gimana? Boleh kaga?’’, Reno mengagetkanku.
         “bisa’’. Aku menyelesaikan makan malamku dengan cepat. Ibuku sedang sibuk nonton sinetron. Khas ibu ibu jaman sekarang, sinetron sudah masuk dalam jadwal khusus yang sifatnya wajib. Hum… pikiranku menjelajah, Reno mau cerita apa? Saat aku masuk kedalam kamarku, Reno sudah berbaring di ranjangku. Aku menuju lemari, membuka dan mengambil selembar boxer. Melepas handukku dan memakai boxerku. Dari ujung mataku aku tau Reno mengamatiku.
         “mau cerita apaan lu? Tumben amat.’’, kataku sambil berbaring di sampingnya.
         “lu masih inget Dewi kaga?’’, Reno bertanya sambil merubah posisi tidurnya. Sekarang dia miring menghadapku.
         “Dewi yang mana?’’
         “yang dulu pernah gua ajak kesini. Masa lu lupa?’’. Aku mengkerutkan keningku, cewek dengan gaya Agnes wanna be melintas di benakku.
         “emm, ya gua inget. Kenapa dia?’’, tanyaku kurang antusias.
         “dia hamil’’, sahut Reno lirih. Mataku dengan sukses melotot.
         ”lu?’’
         “bukan lha, emang gua sebejad itu apa?’’, Reno agak tersinggung.
         “so? Hubunganya ma lu apa coba?’’
         “gua suka dia bang’’. Otakku langsung bekerja, beberapa asumsi terburuk melintas di otakku.
         “jangan bilang lu mau kawinin Dewi’’, kataku agak sewot.
         “itu dia bang, gua mau tanya pendapat lu’’.
         “kalo lu mau tau pendapat gua, gua kaga setuju!! Gila apa?! Itu berarti lu harus putus sekolah!! Pikirin juga perasaan ibu. Mungkin ibu bakal setuju kalo lu bilang lu yang bikin bunting, tapi perasaannya?’’ Kataku panjang lebar.
         ‘‘iya gua ngeh, tapi lu jangan emosi lha bang, gua Cuma pengen nyari solusi yang pas. Makanya gua cerita ke lu.’’ Reno berkata sambil membetulkan posisi tidurnya. See? Pemikirannya selalu lebih tenang dari aku.
         “trus? Gimana?’’
         “ya bantuin gua cari solusi lha bang, lagian sebenarnya dari awal juga kaga ada niat buat ngawinin Dewi. Emang gua suka dia tapi kaga buta juga kali.’’
         “emang siapa yang bikin dia bunting?’’  tanyaku penasaran.
         “temen sekelas gua, mereka berdua tu sekarang lagi panik bang!!’’ jelas Reno.
         “mereka berdua?’’
         “iya, Riski ma Dewi’’. Aku mengkerutkan keningku. Melihatku yang sepertinya kebingungan, Reno menambahkan.
         “sebenarnya Riski uda mau tanggung jawab’’
         “beres dong kalo gitu masalahnya’’, kataku santai.
         “ye, kalo beres ngapain gua ceritain ke lu? Mereka tu lagi parno abis bang’’
         “ok dah, besok gua ketemu orangnya langsung aja. Denger versi lengkapnya. Tapi mereka mau kaga?’’  tanyaku agak mengkerutkan kening, secara ini kan masalah yang sangat pribadi.
         “Mau pasti, gua uda bilang ke mereka ko.’’.Aku menoleh kearah Reno, memandangnya dengan tatapan tak percaya.
         “jangan mikir macem macem bang, gua bukan orang yang tukang  ikut campur urusan orang. Mereka berdua yang minta tolong ke gua.’’ Reno agaknya kurang terima dengan arti tatapanku.
         “oke dah, sekarang tidur aja dulu, uda malem. Besok sepulang sekolah gua temuin dua temen lu ntu’’.
         “ya’’ jawab Reno singkat lalu tidur membelakangiku. Hmm, aku berpikir sejenak. Kira kira aku bakal nglakuin apa yang Reno lakuin kaga ya kalo aku di posisinya? Ahh, sebodo. Mending molor daripada besok telat. Cukup sekali aku jadi korban kejailan pak Roni, satpam sekolah.
***

        

Sekolah hari ini cukup bikin emosi, bukan karena aku telat. Eem, hampir telat!! Dan itu yang membuat malapetaka ini terjadi. Aku duduk sebangku dengan Rafky. Sistem di kelasku adalah yang datang pertama berhak memilih tempat duduk dimanapun, jadi orang yang datangnya hampir bersamaan dengan bunyi bel masuk sepertiku ini hanya pasrah. Dan bangku yang kosong hanya di samping Rafky. Jangan berpikir duduk dengan orang yang di sukai itu menyenangkan, deg degan gimana, grogi grogi kaga jelas. Haha, itu hanya terjadi di awal, sekarang? Gondok yang lebih tepat mewakili perasaanku. Gimana kaga gondok? Rasanya kayak duduk sebangku dengan patung. Eitzz, duduk sebangku sama patung kayaknya lebih baik. Lihat ni percakapanku ma Rafky sepanjang yang sudah terjadi :
N : “dateng telat juga ya Raf?’’
R : “hmm’’. Hanya itu doang yang keluar dari bibir tipis kehitamannya. Aku hanya maklum, mungkin Rafky sedang terkena radang tenggorokan.
         Percakapan kedua :
N : “Raf, punya bolpen lebih kaga? Punya gua abis ni’’
R : “lagi dipake’’. Aku masih senyum manis, mungkin dia lagi PMS, jadi agak sensi. Tapi bodohnya aku yang kaga belajar dari kesalahan pertama dan kedua, aku masih mengajak manequin ganteng satu ini berkomunikasi. Saat pelajaran matematika ;
N : “yang ini gimana sih Raf?’’ aku tanya baik baik lho. Bener!!
R : ”gua bego kaga pinter kayak lu!’’. See? Mungkin aku harus mengajari dia cara berbicara yang santun dan baik. Alhasil, belajar dari kesalahan masa lalu aku lebih baik tidak mengajaknya berbicara. Itu hanya akan menoreh luka hati yang lebih dalam (halah, lebbe!!).
         Akhirnya bel pulang pun berbunyi. Hyuuuh, aku menarik nafas lega. Rafky bangkit dari tempat duduknya, sebelum pergi dia sempatkan melirik ke arahku. Bukan!! Kalian salah, bukan lirikan kamu-ganteng-juga-kita-kencan-yuk. Bukan itu arti lirikannya, tapi lebih tepat  apes-banget-gua-hari-ini-duduk-bareng-lu. Ya, mungkin itu terjemahan yang lebih tepat untuk lirikannya. Sekali lagi aku hanya menghembuskan nafas. Sabar, orang sabar banyak duitnya!!
         Aku sedang memasukkan buku bukuku ke dalam tas saat Andi menghampiriku.
         “pulang bareng yuk Nan’’, tawar Andi. Aku mendongakkan wajahku ke atas dan melihat Andi dengan senyum manisnya.
         “kaga bisa An, gua mesti  jemput adik gua ni di sekolahnya’’
         “adik lu sekolah dimana emang?’’
         “SMP 5’’, jawabku singkat.
         “ya uda, gua anterin. Ya? Mau ya?’’. Aku berpikir singkat. Andi kenapa sih? Lalu mendadak terbesit dugaan yang tak pernah aku pikir. Apa iya Andi lagi PDKT? Di lukis telanjang? Mungkin dia mau tau reaksiku kalo liat tubuh indahnya terpampang polos di hadapanku. Sekarang? Sengaja pulang lebih jauh hanya supaya bisa pulang bareng aku?
Menghayal lu Nan!! Baru juga kemungkinan. Tapi jika kemungkinan itu bener, kayaknya aku harus mulai memikirkan alternative lain. Berhenti mengejar Rafky, dan pindah ke lain hati. Emang bakal gampang? Ah, liat aja ntar gimana jadinya.
         “gimana?  Mau kaga? Malah bengong.’’ Andi membuyarkan analisiku.
         Aku tersenyum, senyum termanis yang aku punya,
         “hehe, boleh’’.
Tbc. . .

Kritikannya ya guys. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave comment please.